Minggu, 01 Juli 2012

Harga Komoditas Jagung


Harga Komoditas Jagung Capai Rp 9,9 Miliar
http://ews.kemendag.go.id/file/news/1412050_1216812_bijijagung_28062012140230.jpg
Pasar Lelang Komoditi Agro (PLKA) yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara, berhasil mencapai nilai transaksi sebesar Rp 12,3 miliar. Dari nilai tersebut, transaksi terbesar yakni terjadi pada komoditi jagung sebesar 80 persen dari total transaksi. "Komoditi jagung berhasil mencapai nilai transaksi tertinggi yakni mencapai sebesar Rp 9,9 miliar. komoditi jagung berhasil terjual degan total volume sebanyak 3835 ton," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara, Sanny Parengkuan dalam penutupan PLKA di Hotel Sahid Telling, Rabu (27/6).
Selain jagung, nilai transaksi terbesar juga diperoleh dari komoditi cengkeh sebanyak 15 ton dengan nilai transaksi mencapai Rp 1,3 miliar. Kemudian transaksi terbesar diperoleh dari komoditi coklat  sebanyak 780 ton dengan nilai transaksi mencapai Rp 583,5 juta.
"Dalam PLKA yang kelima ini terdapat sembilan komoditas dengan 15 transaksi. Transaksi hari ini cukup baik dan terus akan dilakukan perbaikan berbagai saran fasilitas," ujarnya.
Ia mengharapkan agar kepada para produsen untuk menggunakan proses PLKA dalam melakukan  menjual hasil produksinya dengan baik. Karena didalam PLKA tersebut bukan hanya dihadiri dari para produsen, namun juga dihadiri para pembeli.
"Untuk meningkatkan kualitas PLKA ini, harus ada kebijakan para pembina di kabupaten kota, kita hanya memfasilitasi. Hal ini guna meningkatkan hasil produksi dan juga pengembangan dari PLKA kedepannya," ucap Sanny.

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar