Minggu, 01 Juli 2012

Ekspor-Impor Indonesia Terhambat Kondisi Infrastruktur Pelabuhan


Ekspor-Impor Indonesia Terhambat Kondisi Infrastruktur Pelabuhan
Upaya pemerintah meningkatkan ekspor sepertinya hanya manis di mulut. Pasalnya masih banyak pelabuhan di Indonesia yang kondisi infrastrukturnya menyedihkan.Ironisnya,  kekurangan itu bukan saja dari segi alur, kedalaman, ataupun alat-alat, melainkan juga dari akses keluar-masuknya barang.
Akibatnya banyak pelabuhan  yang sudah tidak bisa lagi menampung dan memfasilitasi proses bongkar muat. Sebab jika ini dibiarkan terus justru bisa menghambat aktivitas perekonomian.Hal itu disampaikan Ketua Asosiasi Perusahaan Pelayaran (Insa), Carmelita Hartoto, saat dihubungi <>Media Indonesia<>, Minggu (24/06).“Pelabuhan di Indonesia saat ini sudah tidak memadai,” katanya.
Carmelita menyampaikan salah satunya ketertinggalannya kondisi pelabuhan saat ini adalah karena kurangnya perhitungan dan pertimbangan pemerintah ketika hendak membangun pelabuhan.“Saat membangun pelabuhan, pemerintah tidak memikirkan jauh ke depan. Membangun pelabuhan hanya dengan berpikir keuntungannya saja. Membangun pelabuhan itu yang penting adalah mempertimbangkan jumlah kapal yang keluar-masuk serta efisiensi waktu bongkar muat,” ujarnya.Menurut Carmelita memang banyak pelabuhan-pelabuhan di Indonesia yang sudah .“Di beberapa pelabuhan, khususnya di kota-kota besar di Indonesia, alur distribusi bongkar muat sudah tidak berjalan baik. Banyak kapal yang harus menunggu di luar kargo 10 sampai 20 hari. Kondisi ini memprihatinkan,” ungkapnya

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar